Friday, February 24, 2017

Cara Membuat Tabel di Ms. Word 2007

Microsoft Word ini adalah aplikasi pembuatan dokumen yang mendukung pembuatan tabel. Pada Ms. Word banyak sekali tool-tool yang akan mempermudahkan Anda dalam membuat suatu dokumen. Salah satunya adalah tool "Table" pada "Menu Insert". Fasilitas yang diberikan oleh Ms. Word sangat mendukung sepenuhnya untuk pembuatan tabel baik dari segi pembuatan tabel yang cepat, secara visual menggunakan draw tabel. Berikut ini tutorial yang akan saya bahas mengenai cara membuat tabel untuk menjadi panduan Anda dalam membuat dokumen:

1. Membuat Tabel dengan Mudah
Cara ini hanya untuk membuat tabel berukuran kecil saja yang sudah tersedia di dalam menu "Tabel". Misalnya kita akan membuat tabel 5 kolom dengan 8 baris. Atau biasanya disebut dengan "5x8 Tabel".
Untuk membuat tabel ini, berikut tutorialnya:
  1. Klik menu "Insert" pada Ms. Word.
  2. Klik "Table".
  3. Disitu ada kotak-kotak kecil, kotak tersebut adalah sel yang digunakan sebagai gambaran untuk membuat tabel dalam banyaknya kolom atau baris.
  4. Arahkan kursor ke kotak-kotak tersebut. Diatas kotak-kotak itu Anda akan melihat ukuran tabel yang berubah-ubah sesuai dengan posisi kursor yang Anda arahkan.
  5. Untuk membuat tabel 5 kolom dan 8 baris, arahkan kursor ke 4 kotak dari kiri dan 8 kotak dari atas lalu Klik.
  6. Selanjutnya Anda tinggal mengatur saja lebar baris dan kolom tabel sesuai dengan keinginan Anda.




2. Cara Cepat Membuat Tabel Berukuran Besar
Cara yang kedua ini, membantu Anda dalam membuat tabel berukuran besar seperti ingin membuat kolom yang lebih banyak untuk keperluan penting. Untuk membuat tabel berukuran besar kitak bisa memanfaatkan dialog "Insert Table". Berikut tutorialnya:

  1. Misalnya Anda ingin membuat tabel berukuran 10 kolom dan 30 baris.
  2. Langkah pertama sama saja dengan cara membuat tabel sebelumnya. Yang membedakan hanya pada saat memasukan jumlah kolom dan barisnya.
  3. Klik "Insert Table..." 
  4. Selanjutnya akan muncul kotak dialog "Insert Table", isi kotak "Number of Columns" dengan angka 10, isi juga kotak "Number of Rows" dengan angka 30
  5. Selanjutnya klik Ok.
  6. Ms. Word akan secara otomatis membuat tabel dengan sendirinya sesuai dengan yang disikan di kotak dialog Insert Table tadi.


Itulah tutorial membuat tabel dari saya, sebenarnya masih ada banyak lagi cara membuat tabel di Ms. Word ini yang akan saya bahas pada postingan lainnya. Terima kasih

Semoga bermanfaat.