Thursday, January 12, 2017

Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word 2007

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tetang Microsoft Word 2007. Sebenarnya ada banyak sekali tips dan trik untuk menjalankan aplikasi ini. Salah satunya adalah dengan membuat daftar isi. Cara membuat daftar isi ada 2 cara, satu dengan cara otomatis satunya lagi dengan cara manual kedua cara ini menggunakan tombol "Tab" untuk titik-titiknya agar mempermudah pekerjaan Anda dalam mengetik naskah.

Berikut tutorialnya:

A. Cara Otomatis 
1. Tulis judulnya "DAFTAR ISI".
2. Pilih menu References, dan klik "Table of Contents" ada beberapa submenu didalamnya. Misalnya kita pilih salah satunya yaitu "Manual Table", langsung saja di klik.

3. Selanjutnya tinggal kalian edit saja secara manual sesuai keinginan kita. Seperti gambar dibawah ini.


B. Cara Manual (dengan menggunakan tombol 'Tab')
1. Klik pada bagian penggaris yang ada di atas. Tentukan dimana batas titik-titik yang akan dibuat. Contoh di bagian penggaris 14,25. Klik sekali saja, sehingga akan muncul tanda "L" pada penggaris tersebut.

2. Double klik tanda "L" tersebut maka akan muncul jendala "Tabs". Atur untuk penggunaan tombol tab kalian. Untuk Alignment pilih "Center" dan Leader pilih "2.....". Kemudian klik Ok.

3. Buat lagi tanda "L" di sebelahnya untuk membuat penomoran pada daftar isi. Caranya masih sama seperti diatas. Cuma pengaturan pada jendela Tabs nya saja yang berbeda. Untuk tanda "L" saya letakan di "15,25" pada penggaris di atas. Berikut pengaturan untuk Tabs nya, untuk "Tab stop position" pilih yang sesuai dengan posisi tanda "L" tadi (Contoh "15,25"). Untuk Alignment pilih "Right". Dan untuk Leader pilih "None". Kemudian klik "OK".

4. Untuk pengaturannya sudah selesai. Sekarang tinggal kalian buat saja daftar isi nya. Untuk tanda titik-titik dan penomoran halaman gunakan saja tombol Tab di keyboard Anda. Berikut hasilnya :)

Itulah tutorial dari saya mengenai cara membuat daftar isi. Kalau agan masih belum jelas silahkan tinggalkan kritik dan saran kalian di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih.

Semoga bermanfaat.