Saturday, January 7, 2017

Cara Menginstall Wordpress dengan XAMPP

Pada tutorial kali ini, kita akan membahas cara menginstall wordpress menggunakan XAMPP. Untuk menginstall Wordpress di XAMPP, kita harus mempunyai database terlebih dahulu. Di tutorial sebelumnya kita sudah membahas cara membuat database di XAMPP. Untuk membuat database kalian bisa lihat disini. Baiklah langsung saja kita masuk ke tutorialnya:

1. Download dulu sistem wordpress. Untuk sistem wordpress kalian bisa download disini .
2. Setelah di download, Ekstrak file wordpressnya dan ganti nama folder wordpress yang sudah di download tadi. Terserah nama apa saja yang mudah kalian ingat.
3. Pindahkan folder wordpress yang sudah diganti namanya tadi ke folder htdocs pada XAMPP. Biasanya terletak di Local Disk (C:) >> xampp >> htdocs.
4. Buka XAMPP dan aktifkan Apache dan MySQL.
5. Buka browser Anda dan ketikan localhost/namafolderanda. Contoh localhost/dwiku .
6. Kemudian akan muncul jendela konfigurasi wordpress kalian. Klik "Let's go!".

7. Isikan data yang sesuai dengan database yang Anda buat sebelumnya. Kemudian klik "Submit" maka akan muncul jendela untuk menginstall Wordpress setelah itu klik "Run Install".

8. Isi data untuk login ke Wordpress yang akan dibuat nanti dengan benar dan mudah diingat. Untuk "Search Engine Viability" kosongkan saja. Kemudian klik "Install Wordpress".

9. Login Wordpress. Isi username dan password yang telah dibuat sebelumnya kemudian klik "Log in".


Itulah tutorial dari saya. Jika ada yang kurang dimengerti mohon tinggalkan komentar Anda dibawah ini. Sekian dari saya terima kasih.

Semoga bermanfaat.